Kegiatan Jumantik Kelurahan Nangkaan

Mahasiswa Kkn Tematik/Umd Kelompok 27 melakukan kegiatan jumantik yang bekerja sama dengan puskesmas nangkaan untuk terjun langsung ke rumah warga di setiap RT serta mensosialisasikan terpilihnya kader baru dari program yang di adakan di kelurahan yakni “1 rumah 1 kader jumantik”

Air merupakan tempat perindukan nyamuk yang sangat potensial, khususnya nyamuk jenis Aedes aegypti. kebiasaan masyarakat menampung air untuk keperluan sehari-hari seperti menampung air hujan, menampung air sumur atau membeli air di penjual air sehingga bak mandi atau drum/tempayan jarang dikuras berpotensi sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk. Ada pula kebiasaan masyarakat menyimpan barangbarang bekas tetapi kurang rajin memeriksa lingkungan terhadap adanya air yang tertampung di dalam tempat penampungan air (TPA) serta kurang melaksanakan kebersihan lingkungan. Akibatnya, anjuran 3M Plus (Menguras, Menutup, dan Mengubur Plus menaburkan larvasida, memelihara ikan pemakan jentik, serta pemakaian insektisida rumah tangga).

Tujuan dari program sosialisasi dan pembentukan juru pemantau jentik adalah masyarakat mengetahui tentang penyakit DBD, tempat yang menjadi perindukan nyamuk, metamorfosis perkembangan hidup nyamuk sehingga dengan demikian mampu membuka kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan serta turut serta dalam penanganan jentik nyamuk dengan sistem 3M.

Hasil yang dicapai adalah terpilihnya kader JUMANTIK di tiap-tiap RT Kelurahan nangkaan yang nantinya akan bersedia mengecek tempat-tempat yang menjadi tempat perindukan nyamuk, seperti air tergenang, ban mobil bekas yang tidak terurus, kaleng cat bekas,dan lain-lain. Setelah itu kader jumantik akan mendata hasil keberadaan jentik kedalam tabel jumantik apakah positif adanya jentik atau bebas dari jentik. Nantiya kader jumantik ini akan bekerja sama dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan dalam penyediaan obat-obat yang dibutuhkan untuk membubuh larva seperti abate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *